PERINGATAN HAI 2018 KOTA SERANG

No comment 400 views

KOTA SERANG – MELEK AKSARA UNTUK MENGASAH KEMANDIRIAN

Setiap tahun, sebagai momentum pengembangan literasi di tengah masyarakat, segenap pemerintah daerah menggelar peringatan Hari Aksara Internasional (HAI). Untuk tingkat Kota Serang, rangkaian peringatan HAI 2018 dilaksanakan selama 3 hari, yakni Sabtu, 1 September, Senin 3 September, dan puncaknya pada Selasa 4 September.

Mengambil semangat mengembangkan keaksaraan dan keterampilan, pada hari pertama, Sabtu 1 September, rangkaian HAI Kota Serang diisi kegiatan lomba bagi penyelenggara program keaksaraan fungsional dan warga belajarnya. Berlangsung di gedung SPNF SKB Kota Serang di kawasan Cipocok Jaya, ada 7 dari 10 kegiatan yang dilombakan. Yakni menulis, membaca, sinopsis, berhitung, keterampilan, penyelenggara program keaksaraan fungsional, dan lomba testimoni.

Rangkaian kegiatan peringatan HAI 2018 tingkat Kota Serang selanjutnya berlangsung di pelataran Museum Negeri Banten, Senin 3 September. Kali ini kegiatan yang dihelat selain lomba lomba bagi penggiat TBM dan masyarakat umum, juga talk show bertema pengembangan keaksaraan di Kota Serang. Dalam talk show berdurasi 30 menit itu dihadirkan 4 narasumber, yakni, Kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah, Kabid PAUDNI Dindikbud Kota Serang Sumiarsih, Ketua FTBM Provinsi Banten Andri Gunawan, dan ketua FTBM Kota Serang Junita Bahari Nonci.

Masih di tempat yang sama, puncak peringatan HAI 2018 tingkat Kota Serang dilangsungkan hari Selasa 4 September. Dibuka oleh kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah, acara ini dihadiri pengelola PKBM, tutor dan warga belajar PKBM, LKP, dan PAUD, penilik, pengawas TK, serta pemangku kebijakan dunia literasi lainnya di Kota Serang.

Pada kesempatan ini Dindikbud Kota Serang menampilkan sejumlah capaian program pengembangan literasi melalui pameran yang menampilkan stand-stand dari PKBM, HIPKI, IGTKI, HIMPAUDI dan SPNF SKB Kota Serang.

Adapun 3 mata lomba yang digelar di hari ketiga ini terdiri dari lomba stand pameran, lomba memindahkan kalimat, dan lomba menyusun kalimat.

Sementara sebagai hiburan, ditampilkan pentas seni dari peserta didik PAUD dan PKBM. Diantaranya tarian dan operet. Selain itu juga dilakukan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang telah digelar sebelumnya.

Dipaparkan Akhmad Zubaidillah, salah satu capaian Dindikbud Kota Serang dalam dunia literasi adalah keberhasilan pengentasan buta aksara. Ditegaskan Zubaidillah, saat ini dari data yang ada warga Kota Serang yang masih buta aksara tinggal sekitar 500 orang. ***

Naskah: Wanoja
Narator: Jennie
Kameramen: Rudi & Akmal
Editor: Rudi

KALAU SUKA SAMA TAYANGAN BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BANTEN, SILAKAN SUBSCRIBE & LIKE YA….TERIMA KASIH

author
No Response

Leave a reply "PERINGATAN HAI 2018 KOTA SERANG"