KELURAHAN DALUNG 100 PERSEN BEBAS DOLBON

No comment 417 views

SERANG – Kawasan Kelurahan Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, dipastikan telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS), atau yang di kalangan warga biasa disebut dolbon yakni buang hajat di kebon. Tabiat buruk warga tersebut bisa dituntaskan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diinisiasi para kader posyandu setempat.
Capaian program STBM itu diungkap dalam acara Deklarasi STBM di halaman Kelurahan Dalung, Rabu 2 Mei 2018. Pada acara ini warga dan aparatur pemerintahan setempat mendeklarasikan keberhasilan bebas dolbon dan siap terus mempertahankannya.
Di tahap awal, kader posyandu menumbuhkan kesadaran warga untuk membangun jamban melalui kegiatan pemicuan perubahan pola pikir warga dalam hal pola hidup sehat. Selanjutnya, dengan menggunakan dana swadaya masyarakat dan bantuan CSR dari Yayasan Pembangunan Citra Insani Indonesia, Pegadaian dan Rumah Zakat, semakin banyak warga yang membangun jamban.
Keberhasilan program STBM yang dilakukan kader posyandu ini tidak terlepas dari kerjasama dengan pihak kelurahan dan aparatur pemerintah daerah lainnya.
Stop buang besar sembarangan merupakan Pilar 1 dari program STBM. Menyusul keberhasilan Pilar 1 ini, warga Dalung saat ini bersiap mengikuti Pilar 2 yakni program cuci tangan pake sabun. Pilar lainnya yang telah diselenggarakan warga Dalung adalah Pilar 4, yakni pengelolaan sampah skala rumah tangga. *
Naskah: Wanoja
Kameramen: Gaduh
Narasi: Jennie
Editor: Rudi

KALAU SUKA SAMA TAYANGAN BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BANTEN, SILAKAN SUBSCRIBE & LIKE YA….TERIMA KASIH

author
No Response

Leave a reply "KELURAHAN DALUNG 100 PERSEN BEBAS DOLBON"